Pages

Friday, January 6, 2012

Kiri Payun

Setelah merenungkan ideologi politik apa yang perlu kuanut, akhirnya aku memilih suatu ideologi bernama "Kiri Payun".

Kata "kiri payun" berasal dari bahasa Indonesia "kiri" dan bahasa Sunda "payun", yang artinya "depan" dalam Bahasa Indonesia. Dengan ideologi ini, aku memilih pergerakan di kiri dan arah ke depan. Kalau banyak membaca buku Marx, Engels, dan Trotski tentang revolusi permanen, gerakan "kiri payun" bersifat progresif revolusioner. Progresif yang bergerak ke depan dan revolusioner yang kiri. Dalam gerakan sosial, ekonomi, dan politik, "kiri payun" terinspirasi oleh Marxisme dan variannya.

Kata-kata "kiri payun" ini digunakan oleh orang di Jawa Barat dan Banten di Indonesia ketika dalam angkot ingin turun. Ideologi kiri payun juga berhubungan dengan angkot (angkutan kota). Penganut ideologi ini mengedepankan penggunaan kendaraan umum daripada kendaraan pribadi. Kendaraan umum memiliki keunggulan berupa bahwa dia bisa digunakan oleh masyarakat umum secara bersama-sama. Kebersamaan ini bisa diresapi maknanya dari pidato Soekarno "Lahirnya Pancasila" tentang gotong royong (lihat sini).

Kendaraan pribadi itu tidak ramah lingkungan. Dia serakah akan lahan parkir. Kendaraan pribadi menghabiskan lebih banyak waktunya di tempat parkir daripada dipakai jalan. Selain itu, kendaraan pribadi berperan besar dalam kemacetan. Pengurangan kendaraan pribadi bisa mengurangi polusi lokal. Sebagai penganut ideologi "kiri payun", aku juga bersifat progresif revolusioner dalam gerakan lingkungan hidup secara praksis dan teori. Sisi environmentalisme dalam "kiri payun", bersifat eco-sosialist.

Karena "kiri payun" berhubungan dengan angkot. Penganut ideologi ini perlu mempelajari sifat-sifat angkot, terutama di wilayah Jawa Barat dan Banten. Angkot bersifat adaptif, dalam artian berhentinya bisa di mana saja. Jalur angkot juga bisa berubah ketika tiba-tiba jalan ditutup atau penumpang tinggal sedikit kemudian sopir dan penumpang membuat kesepakatan mengenai jalur angkot. Dari sini, kita bisa ambil sisi pragmatisme gerakan politik "kirip payun". Selain itu, kita bisa mengambil sisi ekologis dari gerakan kiri payun, terutama tentang self-organizing ecology. Ketika suatu sistem ekologi berubah, contoh jalan ditutup, angkot bisa melakukan "self organizing" untuk memilih jalur lain. Penganut ideologi kiri payun harus sadar sosial ekologi.

Kiri payun berasal dari dua bahasa, yaitu Indonesia dan Sunda, menunjukkan bahwa penganut harus memiliki sifat "think globally, act locally". Walau menguasai teori-teori yang menjadi pandangan dunia (Weltanschauung/world view), gerakan praksis selalu bersifat lokal. Gerakan politik harus mulai dari sesuatu yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Seperti kata Aa Gym, dimulai dari yang kecil, dari diri sendiri, dan dari sekarang, penganut "kiri payun" memulai gerakan dengan membentuk sikap hidup dan gaya hidup pribadi. Sesuatu ideologi politik harus bersifat personal.

Gerakan kiri payun juga terinspirasi oleh kata-kata seorang feminis Carol Hanisch, "The Personal is Political" (baca ini). Gerakan politik tak bisa terpisahkan dengan hal-hal personal. Beberapa hal personal seperti identitas, seks, pilihan penampilan, dll tak terpisahkan dengan politik. Bagaimana seseorang berpenampilan diatur dengan Perda jilbab di beberapa wilayah di Indonesia. Peraturan daerah adalah hasil proses politik dan bagaimana seseorang berpakaian adalah masalah personal. Larangan berambut mohawk di Aceh yang mengakibatkan penggundulan paksa adalah contoh lain mengenai kehidupan personal dan dunia politik tak bisa dipisahkan. Gerakan kiri payun bersifat sadar dan kritis terhadap politik identitas.

2 comments:

waskita adijarto said...

Sayangnya angkot itu banyak yang ngetem, menghabiskan waktu penumpangnya. Alhasil lebih cepat pakai mobil/motor.

Ignatius Sapto Condro Atmawan Bisawarna said...

Angkot di Jerman berupa bus, trem, dan kereta (atas tanah maupun bawah tanah).

Sebenarnya intinya bukan terletak pada angkot, melainkan pada transportasi publik.
Kebijakan angkutan umum harus lebih dikedepankan daripada angkutan pribadi.